Komputerisasi
·
masukan
data, proses, dan simpan informasi
·
dalam
komputer atau keluarkan
·
masuk
ke dalam lingkungan masyarakat yang dikelilingi sistem-sistem berbasis computer
(ubiquitous) to carry out, control, or conduct by means of a computer.
Contoh ubiquitous systems: hand
phone, personal
·
digital
assistance (PDA) / personal entertainment organizer (PEO).
·
Komputerisasi,
connections:
·
broad
band & connectivity - sistem berbasis computer dapat disambung ke internet
miniaturization - sistem berbasis
komputer akan makin kecil
personalization - perusahaan pembuat
akan menciptakan berbagai jenis pilihan, warna, dll. Sesuai
·
selera
komsumen
–
mobility
- sistem bersambung ke layanan mobile
–
portability
- sistem bisa dibawa kemanapun
–
multimedia
- palm pilots dirancang untuk dapat akses
·
pada
media beragam: graphics, text, voice
Contoh
Misalkan harga pizza 20000 rp.,
dipotong jadi 8
• makan sepotong, bayar 2500
• makan 2 potong, bayar 5000
• makan 4 potong, bayar 10000
– Harga(/p) = 20000 / 8
– Pizza berbentuk lingkaran, radius r
– Luas pizza [lingkaran] = p x
r2
– Luas sepotong pizza = 1/8(p x
r2)
– Bila r=20 cm, berapa harga per cm2
?
– Komputasi universal / non universal
?
Pemrograman
• Program ~ instruksi
untuk komputer
• Pemrograman ~ aktifitas
runut pembuatan
program:
–
Pendefinisian
masalah
–
[Deskripsi
metoda formal]
–
Penyusunan
algoritma [/flowchart]
–
Penulisan
instruksi (coding) menggunakan sebuah
–
bahasa
formal
–
Uji
coba & perbaikan kesalahan (debugging)
–
Run
program
–
Dokumentasi
Algoritma (algorithm) ~ pseudocode
– (rules) untuk menyelesaikan suatu
masalah
–
Langkah-langkah logis dideskripsi tekstual denganpola baku untuk menyelesaikan
suatu masalah.
• Program
– Hasil koversi algoritma ke kode
[bahasa program].
– Spesifikasi rinci sebuah komputasi.
• Bahasa Program
– Sebuah notasi untuk mendeskripsi sebuah program
Diagram alir (flowchart)
program flowchart: hasil konversi
sebuah algoritma dengan menggunakan symbol baku [ANSI/IBM]
system flowchart
• Struktur baku flowchart
– Runtut (sequential / linear)
– Alternatif/pilihan/seleksi (alternative/selection)
– Berulang (loop/repetition)
Generasi Bahasa Program
–
[www.cs.qub.ac.uk/~J.Campbell/myweb]
– G-0 [ …. 1954]: mesin, asembli
– G-1 [54 - 58]: FORTRAN, ALGOL
– G-2 [59 - 61]: COBOL, APL, LISP
– G-3 [62 - 70]: BASIC, PL/I, Pascal,
SIMULA
– G-4 [70 - 80]: Smalltalk, C, Prolog
– G-5 [80 - 2000 ?]: Modula, Ada,
C++, Miranda,
Dephi, Perl, Agent-Tcl, Java,
Web-oriented.
– G-6 [2001 …… ] ??
Imperative / algorithmic Paradigm
– program dipandang sebagai rentetan
instruksi (imperative
[Latin] = imperare to command);
komputer diperintah untuk
mengerjakan sederet step, tiap step
ada perubahan dalam isi
dan status tiap elemen memori.
– Secara implisit atau eksplisit
program yang dibuat berbasis
pada konsep arsitektur komputer von
Neumann.
– Struktur program merupakan
kombinasi dari pola-pola:
· Sequence.
· Selection.
· Repetition.
· Procedural Abstraction
· Procedural Abstraction with
parameter(s).
Declarative Paradigm
Object-oriented Paradigm
· Metode
Terstruktur
– metodologi berdasar pada structure &
discipline bagaimana membuat sebuah program: bentuk /pola, proses desain, pengkodean, dan
uji coba.
– Objektif
• readability
• efficiency
• reliability
• discipline (systematic &
integrity)
• reduce cost
– GOTO-less programming Metode
Modular Metode Stepwise Refinement
– Proses dikerjakan dengan runtutan
langkah pasti
– Tiap langkah jelas kaitan tasks
& struktur data
– Rincian tiap langkah.
• Metoda Top-down / Bottom-up
– Designing, coding, and testing
sebuah program dengan tahapan progresif.
– Dihasilkan runtut tahapan yang
structured & modular
– Makin bawah modul = subfunctions
yang mendefinisikan tasks makin detil.
Teknik Diagram
– Kategori
• overview system analysis
• program architecture
• program detail
• data structures
Diagramming tools
·
AutoSketch;
CorelDraw
·
Designer;
EasyFlow
·
FlowModel;
Illustrator
·
PHOTO-PAINT;
Photoshop
Struktur Data
• Data structure
– Cara
penyimpanan data dalam komputer sehingga dapat digunakan secara efisien.
– Pemilihan
struktur data sangat pendting dalam desain program [pemrograman].
• Abstract data type (ADT)
– Struktur
data dan operasi-operasi yang dapat dilakukan pada data tersebut.
– Sebuah class
dalam OOD = ADT, classes memiliki sifat-sifat tambahan (inheritance and
polymorphism) not normally associated with
ADTs.
• Data Model
– Hasil proses
desain basisdata yang dapat dipakai untuk mengidentifkasi dan mengorganisasi
data yang dibutuhkan logically & physically.
– Data model akan menunjukkan semuainformasi
yang harus terkandung dalam basisdata, bagaimana cara penggunaannya, dan
bagaimana setiap item database akan terkait satu sama lainnya.
• Data warehouse
–
Kumpulan terpadu data perusahaan, dapat diakses oleh business managers, administrators, service providers & researchers
yang berhak untuk: dianalisis, menghasilkan ad hoc queries & reports, dan
cara pemeliharaan data subsets.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar